Rabu, 16 Maret 2011

Mempercepat PC Dengan Sedikit Tweak Pada RAM

Nah berikut ini adalah sedikit tutorial untuk mempercepat komputer Anda dengan sedikit trik meng-tweak RAM Anda. Pertama - tama akan timbul pertanyaan mengapa PC bisa menjadi lebih cepat?? berikut ini kronologisnya : Jika Anda telah menjalankan suatu aplikasi yang besar (atau beberapa aplikasi besar, mungkin sebuah permainan, Photoshop, Corel, atau sesuatu yang seperti itu) RAM bisa diambil atau digunakan dengan cepat. Bahkan ketika Anda menutup program-program tersebut, kadang beberapa persen dari RAM masih digunakan atau dimakan oleh program - program yang sudah di tutup tadi (RAM-Dump).

Anda akan merasakan efek RAM-Dump ini pada akhir hari. Ketika Anda pertama kali menyalakan PC Anda di pagi hari, maka PC akan berjalan dengan lancar, tetapi pada akhir hari atau sore / malamnya PC Anda akan terasa lamban. Ya, Anda mungkin bisa menggunakan berbagai macam software yang digunakan untuk memecahkan masalah PC yang semakin pelan ini. Tapi tentunya akan dibutuhkan biaya tambahan untuk mencari atau membeli software tersebut, Nah berikut ini bagaimana trik sederhana dah geratis yang dapat digunakan di XP dan Vista) :
1. Buka Notepad.
2. Ketik MYSTRING = (80000000)
3. Simpan file tersebut dengan nama MEMORY.VBE (atau RAM.VBE) atau menggunakan nama apa saja sesuai keinginnan Anda, tetapi yang perlu di ingat adalah ekstensi .VBE harus ada.
4. Pastikan Anda menyimpan file tersebut ke DESKTOP Anda (untuk lebih memudahkan di eksekusi).
5. Kemudian klik dua kali file yang baru saja Anda buat tadi setiap kali Anda merasa PC Anda tampaknya mulai melamban. Hal ini akan membersihkan ruang pada memory RAM Anda yang terpakai oleh hal - lah yang sudah tidak diperlukan lagi oleh PC.

+ Jika Anda memiliki ram dibawah 128Mb (64MB, 32Mb dan 16MB) ubah angka 80000000 menjadi 160000000.
+ Jika RAM Anda di atas 128MB (256MB, 512MB, 1GB, 2Gb, 4GB ) gunakan angka 80000000 seperti diatas.

Tidak ada komentar: